(021)-29629399    info@lsags.com    Senin – Jumát 8:00 – 17:00

ISO 22000

/ Pelayanan / LSSM AGS / ISO 22000

ISO 22000

Makanan yang tidak aman dapat menyebabkan permasalahan kesehatan, sehingga sangat penting bagi organisasi yang terlibat dalam rantai pasokan makanan untuk mengambil langkah-langkah untuk memastikan proses dan produk mereka aman. Saat ini, banyak produk makanan melintasi batas negara, membuat organisasi internasional menyoroti perlunya standar global untuk manajemen keamanan pangan. ISO 22000 memenuhi kebutuhan ini dengan memberikan pedoman yang dapat diikuti organisasi untuk membantu mengidentifikasi dan mengendalikan bahaya yang terkait dengan keamanan pangan.

Sistem Manajemen Keamanan Pangan merupakan persyaratan yang harus dipenuhi suatu organisasi untuk menunjukkan bahwa sistem manajemen tersebut dapat mengendalikan bahaya keamanan pangan. Sistem Manajemen terkait keamanan pangan ini diatur secara khusus melalui Standar Internasional ISO 22000 sejak 2005 yang kemudian diperbaharui pada 2018.

ISO 22000:2018 adalah standar keamanan pangan untuk bisnis dalam rantai makanan global. Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) mengembangkan standar ISO 22000:2018, Sistem manajemen keamanan pangan – Persyaratan untuk setiap organisasi dalam standar rantai makanan. ISO 22000 memberikan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan dan menetapkan persyaratan apa yang harus dipenuhi suatu organisasi untuk dapat mengendalikan bahaya keamanan pangan. Industri yang menggunakan ISO 22000 dapat memperoleh sertifikasi sesuai standar. ISO 22000 mencakup organisasi di seluruh rantai makanan, dari pertanian hingga sampai ke meja. Standar ini dirancang untuk memastikan persaingan yang adil dan menyediakan komunikasi di dalam dan di antara organisasi di sepanjang rantai makanan. Standar ini menggabungkan dan melengkapi unsur-unsur utama ISO 9001, standar untuk sistem manajemen mutu, serta hazard analysis and critical control points (HACCP), pendekatan preventif untuk keamanan pangan.

Standar ini memberikan kerangka kerja bagi organisasi untuk mengembangkan, menerapkan, memantau dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan pangan dalam konteks risiko bisnis mereka secara keseluruhan. Untuk mematuhi standar, bisnis harus memenuhi semua persyaratan hukum dan peraturan terkait keamanan pangan yang berlaku. Organisasi yang ingin membuat Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang lebih fokus, koheren, dan terintegrasi dari yang disyaratkan oleh hukum / peraturan, dapat memperoleh manfaat dari ISO 22000. Standar ini membantu organisasi dalam aspek operasi mereka, seperti keamanan pangan, pengendalian bahaya, rantai pasokan mereka, HACCP, bisnis mereka strategi dan penelusuran makanan.

Manfaat ISO 22000

ISO 22000 membantu perusahaan meminimalkan risiko dan meningkatkan kinerja yang terkait dengan keamanan pangan. ISO 22000 memberikan kerangka kerja yang dapat digunakan dalam mengelola dan mengembangkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan serta memberikan manfaat :

  • Kepuasan pelanggan termasuk dari sisi kualitas, keamanan dan legalitas.
  • Mengurangi biaya operasional melalui perbaikan terus menerus pada proses.
  • Membangun kepercayaan stakeholderatau para pemangku kepentingan, termasuk staf, pelanggan dan pemasok.
  • Mengindentifikasi, mengatur, dan mengatasi risiko keamanan pangan.
  • Menghilangkan dan mengurangi resiko terjadinya penarikan produk dan proses hukum atau pengadilan.
  • Melindungi brand perusahaan.
  • Memenuhi persyaratan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.
  • ISO 22000 sejajar dengan standar sistem manajemen ISO lainnya, sehingga membuatnya mudah untuk digabungkan dengan standar sistem manajemen seperti : mutu, lingkungan, kesehatan dan keselamatan.

 

Kami Ada untuk Membantu Kesuksesan Anda

Memilih lembaga sertifikasi saat ini, dengan banyaknya lembaga-lembaga yang menawarkan jasa sertifikasi tentunya dapat membingungkan Anda, pada nilai nominal, semuanya tampak sama. Namun pilihan Anda sangat penting dan mengingat tidak ada peraturan wajib dalam industri ini, Anda harus yakin untuk menghindari kesalahan yang berakhir dengan Sertifikat yang tidak terakreditasi. Bila Anda melakukan investasi yang cukup besar, Anda pasti menginginkan hasil terbaik, namun Anda juga perlu memastikan bahwa Sertifikat Anda diakui secara luas dan diterima.

Dengan dukungan auditor – auditor profesional dan pengalaman selama bertahun-tahun, LS AGS memiliki komitmen untuk menyediakan layanan sertifikasi sistem manajemen keamanan pangan berdasarkan standar ISO 22000 secara handal, cepat dan terpercaya. Kami mengevaluasi dan mensertifikasi sistem manajemen keamanan pangan Anda sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan Anda. Di akhir kami memberikan keputusan sertifikasi yang bertanggung jawab dan menerbitkan Sertifikat Sistem Manajemen yang diakui, baik nasional maupun internasional.